Tari Kecak Berdasarkan Penarinya Termasuk Kategori Tarian?

Tari kecak berdasarkan penarinya termasuk kategori tarian

Tari kecak berdasarkan penarinya termasuk kategori tarian ? berkelompok. Pasalnya salah satu kesenian dari bali ini dilakukan oleh 50 sampai 150 orang penari.

Agar semakin paham, maka Anda harus memahami pengertian dan beberapa penjelasan lainnya.

Tari Kecak Berdasarkan Penarinya Termasuk Kategori Tarian?

Sebelum membahasnya secara detail tari kecak berdasarkan penarinya termasuk kategori tarian berkelompok. Alangkah baiknya untuk mengenali terlebih dahulu salah satu kesenian dari pulau Dewata ini.

Menurut Gokemedia.com Tari kecak ini diciptakan oleh I Wayan limbak yang merupakan seorang penari asal Bali dan Walter spies Seorang pelukis dari Jerman.

Tepatnya pada tahun 1930-an kesenian ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia.

Biasanya kesenian dari Bali ini diiringi oleh bunyi cak, cak, cak yang berasal dari mulut penarinya dan sebuah lonceng kecil yang diikat pada kaki.

Inilah yang menjadi penyebabnya mengapa kecak berbeda dan lebih unik daripada yang lainnya.

Tidak hanya itu masih ada lagi keunikan dari tarian ini yakin properti yang digunakan berupa batubara, selendang Hitam putih, topeng, gelang krincing, tempat sesaji dan bunga kamboja.

Dengan begitu terlihat semakin mistis dan sakral.

Tari Kecak Berdasarkan Penarinya

Biasanya tari kecak ini dilakukan oleh 50 sampai 150 orang penari yang semuanya terdiri dari laki-laki dengan memakai kain khas pulau Dewata dan duduk melingkari.

Namun tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan hingga ribuan bedaya.

Maka dari itu tidak heran jika kecak dapat dikategorikan sebagai tarian massal atau kelompok. Kesenian asal pulau Dewata Bali ini juga memiliki makna untuk menolak bala yang diselipkan dalam cerita Ramayana.

Dalam kesenian ini juga terdapat beberapa penari yang memerankan tokoh seperti Rahwana, Hanoman, Sinta dan Rama.

Umumnya tari kecak ini akan dipertunjukkan ketika pada upacara keagamaan di Bali seperti hari raya galungan.

Itulah alasannya mengapa tari kecak berdasarkan penarinya termasuk kategori tarian berkelompok. Salah satu kesenian dari Bali inilah yang bisa membuat daya tarik wisatawan asing maupun domestik untuk berkunjung ke pulau Dewata.